Tips penataan fengshui untuk taman pada rumah Anda

Jika dalam skala makro dikatakan bahwa hutan adalah paru-paru dunia, maka dalam skala micro, taman pada sebuah rumah juga merupakan fitur dimana proses filterisasi dan peremajaan energi terjadi di setiap harinya. Taman yang direncanakan dan dirawat dengan benar dapat meningkatkan energi penghuninya berkali-kali lipat, dan juga sebaliknya pada taman yang tidak terawat dan dibuat tanpa mengindahkan kaidah fengshui bukan tidak mungkin berbalik menyebabkan berbagai masalah dan kesulitan yang tidak diinginkan. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda manfaatkan untuk perencanaan dan penataan taman.

Konsep inti dari penataan dan perencanaan taman secara keseluruhan adalah  terciptanya keseimbangan dan positioning/penempatan yang tepat, yang berarti tidak ada suatu hal yang dibuat atau ditempatkan secara berlebihan dan terlalu mendominasi satu sama lain secara tidak wajar, dan juga ditempatkan sesuai dengan unsur yang diwakilinya dengan benar  agar tidak saling melemahkan. Sebagai contoh, penempatan fitur air (semisal kolam ikan) pada sebuah taman merupakan hal yang baik dan umum digunakan, namun bila besar kolam mencakup lebih dari 30% dari luas tanah maka terjadi kelebihan energi dingin dari air yang dapat mempengaruhi penghuninya secara negatif. Demikian juga dengan penempatan berbagai ornamen sejenis patung dan arca pada taman, penempatan simbol-simbol secara tidak tepat dapat menyebabkan energi positif dalam rumah menjadi terganggu dan memberikan hasil yang tidak diinginkan.

Beberapa point yang perlu mendapat perhatian antara lain:
- Pencahayaan atau intensitas cahaya yang masuk pada taman, beberapa pemilik rumah memilih untuk menanam pohon yang berpotensi untuk tumbuh besar hingga rimbun memberikan kesejukan, namun taman yang tertutup total oleh dedaunan yang terlalu lebat sehingga sinar matahari sulit masuk bukanlah merupakan pilihan yang baik, berilah space agar sinar matahari menjangkau dan menyinari tanah untuk energi pertumbuhan yang cukup.

- Alur taman atau 'path', gunakanlah lekukan-lekukan yang memberikan kesempatan energi untuk mengalir secara perlahan, hindarkan jalur yang lurus dan terlalu panjang, karena aliran energi akan terlalu cepat dan buyar di penghujung jalur. Sempurnakan jalur lekukan dengan menanam tumbuhan di sisi kanan dan kiri alur tersebut guna memuluskan aliran energi.

- Tumbuhan pada taman bagian depan khususnya pun dapat berguna sebagai 'tameng' akan ancaman energi merusak yang datang dari lingkungan sekeliling rumah, misalnya saja rumah berada pada sebuah jalan besar yang ramai lalu lalang kendaraan, maka ancaman energi berlebih dari jalan raya tersebut dapat dicegah ataupun dinetralisir dengan menggunakan tanaman 'pagar', yaitu tanaman yang dapat tumbuh hingga setinggi 1,5 meter, misalnya saja bambu. Tanaman pagar ini diketahui dapat meredam dan membuyarkan energi negatif yang berpotensi masuk ke dalam rumah. Tanaman bambu pun diakui khasiatnya sebagai tanaman yang sanggup memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis ancaman dari niat tak baik orang lain.

- Memiliki pohon 'besar' yang terletak di bagian belakang rumah menyimbolkan stabilitas dan dukungan, tetapi pastikan bahwa pohon-pohon tersebut jangan sampai tumbuh jauh lebih tinggi dari atap rumah, kami pernah melihat beberapa rumah menanam pohon yang berpotensi tumbuh lurus vertikal hingga 10-15 meter, dan hal ini merupakan pilihan yang kurang baik

- Penggunaan ornamen patung ataupun arca di area taman. Penempatan patung akan baik bila bentuk dan karakter patung tersebut memiliki makna dan simbolisasi sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya saja, jangan menaruh arca atau patung yang menyimbolkan kekerasan ataupun banyak membawa senjata. Untuk tujuan kehidupan cinta, patung cupid atau dewa asmara dapat diletakkan pada taman, namun perhatikan bahwa sebaiknya arah busur tidak mengarah pada rumah ataupun kamar. Penempatan patung yang merupakan simbol agama tertentu juga perlu diperhatikan, (sebagai catatan, di dunia barat sedang menjadi trend untuk menempatkan simbol patung Buddha yang menyimbolkan ketenangan, konsentrasi, kebijaksanaan dan juga kreativitas di area taman mereka), penempatan patung sejenis perlu mendapat posisi yang 'spesial' yaitu tempatkanlah di area yang  relatif lebih tinggi dari sekitar taman, dan janganlah ditempatkan di dekat area wc/kamar mandi.

- Pemilihan warna akan mempengaruhi juga intensitas energi yang diwakilinya, yang akan berinteraksi juga dengan unsur diri penghuni rumah.  Sebagai contoh warna merah adalah warna dengan energi tinggi, dan menyimbolkan romantisme, warna merah ini umumnya banyak terdapat pada bunga-bungaan, namun ada juga tumbuhan dengan daun bercorak warna dominan merah. Mereka yang berunsur diri api akan baik bila menguatkan unsurnya dengan memelihara bunga atau tumbuhan berdaun merah, di area/sektor keberuntungan mereka di taman.

- Fitur kolam, kolam ikan menjadi favorit banyak pemilik taman pada rumah, karena memberikan energi dinamis yang memberikan aliran keuntungan, namun perlu diperhatikan untuk tidak menempatkan fitur kolam ini di area api karena jelas akan memadamkan energi api, terkecuali unsur diri seseorang memiliki interaksi negatif dengan api, maka menempatkan air di sektor ini akan mengurangi dampak buruk dari unsur tersebut. Untuk mencegah stagnansi fitur air ini, boleh ditempatkan pompa yang berguna baik menjadi filter ataupun memompa air menjadi air mancur kecil dan terbatas, hindarkan air mancur ataupun dekor aliran air pada dinding batu yang mengalir terlalu deras dan menimbulkan bunyi terlampau keras, bahkan terdengar dari ujung lain sebuah rumah, karena ketimbang memberikan pengaruh positif, bunyi dan aliran yang kelewat keras akan merusak energi dari taman/rumah. Untuk dekorasi aliran air, lebih baik gunakan dekor berjenjang agar air turun secara bertahap dengan lebih lembut.

- Lampu dapat digunakan juga sebagai alat bantu fengshui guna memberikan energi ekstra, khususnya untuk memperkuat energi api. kita dapat memperoleh berbagai jenis lampu taman di toko elektronik terdekat.

- Furniture ataupun dekorasi dari kayu berguna untuk meningkatkan unsur kayu pada taman, misalnya saja kursi taman, gazebo, kandang hewan peliharaan, partisi kayu, dan lain sebagainya.

- Bebatuan besar dan juga taburan batu mewakili unsur tanah, bebatuan besar juga diketahui dapat menjadi simbolisasi penahan kekayaan, agar bertahan dalam sebuah lahan. Diketahui ada praktisi yang sengaja menempatkan batu besar di area pintu rumah bagian belakang sebagai penahan aliran kemakmuran.

- Bentuk patung yang baik guna ditempatkan pada area belakang rumah antara lain patung kura-kura, patung katak berkaki tiga, patung pasangan yang melambangkan cinta, patung ikan menyemburkan air, patung berpose meditasi, patung dewa cinta, patung sepasang angsa, dan patung bentuk hewan yang melambangkan shio (dalam pose yang tenang dan tidak mengancam), jadi janganlah pajang patung macan yang siap menerkam walaupun Anda bershio macan, ataupun patung kuda yang sedang berdiri/menyepak dan meringkik walaupun Anda bershio kuda.

Selamat menata taman Anda, Semoga bermanfaat.

Komentar

Baca Juga:

Mengenai tiga shio yang sama dalam sebuah keluarga

Pasangan dengan beda usia 3,6 dan 9 tahun

Kesesuaian jenis usaha pelengkap bisnis cuci mobil

Mitos mutiara sebagai hadiah/pemberian

Apartment types and characteristics

Perumpamaan mengenai mengendalikan & menunggangi keberuntungan

Tips Fengshui untuk penempatan cermin di dalam rumah

Dampak tayangan sinetron terhadap keberuntungan dan kemakmuran keluarga

Dampak aplikasi dan pemanfaatan arah yang menguntungkan

Dampak tayangan sinetron terhadap keberuntungan dan kemakmuran keluarga